Penampilan Fisik, Kesesuaian Selebriti Dan Citra Merek Sebagai Penentu Niat Membeli Sepatu Olahraga Kanky

Authors

  • Fikri Haikal Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya

Keywords:

citra merek, kesesuaian selebriti, niat pembelian, penampilan fisik, sepatu olahraga Kanky

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penampilan fisik, kesesuaian selebriti, dan citra merek terhadap niat pembelian sepatu olahraga Kanky. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh melalui survei terhadap 120 responden yang ditentukan menggunakan rumus Lemeshow dengan margin of error 8,95% pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis menunjukkan bahwa penampilan fisik endorser tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pembelian (p=0,072). Sebaliknya, kesesuaian selebriti dan citra merek secara signifikan mempengaruhi niat pembelian (masing-masing p<0,05). Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap niat pembelian. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kesesuaian selebriti dan citra merek dalam strategi pemasaran produk

References

Choi, Marina, S., and Rifon, J. N. (2012). “It Is a Match: The Impact of Congruence between Celebrity Image and Consumer Ideal Self on Endorsement Effectiveness.” Psychology & Marketing 30(6): 461–69. https://doi.org/10.1002/mar.

Lestari, Mulianda, and Wahyono. (2021) “The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion on Purchase Decision Through Brand Image Article Information.” Management Analysis Journal, 198–211. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/45545.

Published

2024-12-28