Manajemen Perubahan PT. Pesta Pora Abadi (Mie Gacoan)
Keywords:
inovasi teknologi, kepuasan pelanggan, Manajemen perubahan, Mie GacoanAbstract
Penelitian ini menganalisis strategi manajemen perubahan yang diterapkan oleh Mie Gacoan untuk mempertahankan daya saing di pasar makanan cepat saji. Fokus utama adalah perubahan nama menu untuk memenuhi Sistem Jaminan Halal (SJH), penerapan inovasi teknologi seperti sistem wireless calling, dan penyesuaian jam operasional. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data sekunder dari berbagai sumber. Hasil menunjukkan bahwa perubahan nama menu tidak hanya memenuhi regulasi tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen. Penerapan sistem wireless calling berhasil mengurangi waktu tunggu pelanggan dari dua jam menjadi 15 menit, meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Penyesuaian jam operasional menjadi 24 jam di beberapa gerai strategis juga memberikan fleksibilitas lebih kepada konsumen dan meningkatkan omset harian. Selain itu, strategi harga yang kompetitif dan investasi dalam infrastruktur gerai memperkuat daya tarik perusahaan, khususnya di kalangan generasi muda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen perubahan yang terencana mampu menghadapi tantangan pasar sekaligus menciptakan peluang pertumbuhan bisnis. Keberhasilan ini menjadi contoh nyata bagaimana inovasi dan adaptasi strategis dapat meningkatkan posisi perusahaan sebagai market leader
References
Adolph, R. (2016). Manajemen Perubahan.
Arimurti, A. (2023). Pemilik Mie Gacoan & Strategi Promosi Bisnis Mie Gacoan. https://blog.danamas.co.id/tips-bisnis/strategi-bisnis-mie-gacoan-yangsedangviral/
Ayunda, S. (2022, October 12). Sejarah Mie Gacoan, mulai dari Malang hingga seluruh Indonesia. fnbpreneur.id. Retrieved June 15, 2024, from https://fnbpreneur.id
Daniel F. 12-10-2022). “Manajemen Perubahan: Pengertian, Pendekatan, Jenis, Fase & Tahapan, Strategi, dan Prinsip Manajemen Perubahan”. EkonomiManajemen.com . Diakses tanggal 15 Juni 2024
Guntarayana, I., Putri, K., & Chuly, R. Y. (2018). Analisa strategi dalam pemasaran (Studi Kasus pada Mie Gacoan di Karangtengah Kota Blitar). AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 11(2), 46–56. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v11i2.1099
Kompasiana.com. (n.d.). Ini dia alasan kenapa Mie Gacoan diminati banyak orang, mulai dari kalangan remaja hingga dewasa! Nomor 7 bikin shock! Kompasiana.com. Retrieved June 15, 2024, from https://www.kompasiana.com
Kompasiana. (2024). Strategi Pemasaran Inovatif Mie Gacoan yang Memikat Konsumen.https://www.kompasiana.com/deay/662e09211470931097483ee2/strategipemasaran-inovatif-mie-gacoan-yang-memikat-konsumen
SAB. (2024). Strategi Bisnis Mie Gacoan, Bongkar 7 Strategi Pemasaran Mienya. https://www.sab.id/strategi-bisnis-mie-gacoan-bongkar-strategipemasaran/
Prananingrum, D. K., & Sinaga, H. D. E. (2024). Strategi Diferensiasi Produk Mie Gacoan dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science.2 (3). 282-290.
Wahyuni, F. E., Amanda, D. Z., Amelia, A. N., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Mie Gacoan: InovasiMenu, Pemasaran, Dan Pelayanan Pelanggan Untuk PertumbuhanUsaha Yang Berkelanjutan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1 (3), 16–21. https://doi.org/10.62017/wanargi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SIMPOSIUM RISET EKONOMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.