Strategi Pengembangan SDM Di UMKM Untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal Di Era Digital Di Kota Surabaya

Authors

  • Supriyadi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Akmal Sholahuddin Universitas Muhammadiyah Surabaya

Keywords:

Ekonomi Lokal, Era Digital, Pengembangan SDM

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi strategi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mendukung pertumbuhan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan dampaknya terhadap ekonomi lokal. Tujuan utama strategi ini adalah memberdayakan pelaku UMKM agar lebih kompetitif di pasar dan mampu menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan pengunjung. Pendekatan yang diterapkan mencakup sosialisasi dan pelatihan, pemasaran dan promosi digital, serta kolaborasi dan kemitraan. Sosialisasi dan pelatihan terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM, terutama dalam pemasaran digital dan manajemen usaha. Strategi pemasaran digital memperluas jangkauan pasar, sementara kolaborasi dengan berbagai pihak memperkuat daya saing UMKM secara lokal dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan SDM tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan ekonomi lokal tetapi juga membuka lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, strategi ini dapat diandalkan sebagai pendekatan berkelanjutan untuk memperkuat ekonomi lokal melalui pengembangan UMKM yang lebih inovatif dan mandiri.

References

Adnyani, K. E. K., Adnyana, I. W., & Murniasih, N. N. (2020). Teacher and students’ perception on using Kahoot! for English learning. Proceedings of the 3rd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2019), 394, 62–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200115.011

Ananta, N. P., Ramadhan, A., Meirinawati, M., & Suprapto, F. A. (2024). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Ekonomi Lokal pada Sektor UMKM di Sentra Wisata Kuliner Karah, Kota Surabaya. Bappenas Working Papers, 7(1), 72–85. https://doi.org/10.47266/bwp.v7i1.310

Ekonomi, P., & Berkolaborasi, H. (2022). Digital Economy Conference 2022 , Mendag Zulkifli Hasan : Kunci. m(5), 5–6.

Hasan, M., Rapika, S., Ahmad, M. I. S., Supatminingsih, T., & Mustari, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Berbasis Strategi Diversifikasi Konsentris Untuk Meningkatkan Kualitas Usaha Produksi Minyak Cengkeh. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(2), 72. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.48391

Hasbullah. (2021). Kurikulum Pendidikan Guru : Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 155–162. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v11i2.2138

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2023). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Diakses pada 25 Desember 2025, dari https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/datapublikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html

Maulida, F., Hasanah, N., & Sariwulan, T. (2023). The effect of liquidity and financial distress on tax aggressiveness with firm size as the moderating variable. ITQAN: Journal of Islamic Economics, Management, and Finance, 2(2), 68–85.

Sampurna, A., Sherlliana, S., Sinaga, W. A., Matondang, J. D., Zafar, I. A., & Ridha, A. (2024). Pengembangan Model Manajemen Kompetensi SDM UMKM untuk Mengelola Media Sosial Instagram Secara Optimal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), 4537–4541. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13078

Sofia, S., Ardianto, E. T., Muna, N., & Sabran, S. (2022). Analisis Aspek Keamanan Informasi Data Pasien Pada Penerapan RME di Fasilitas Kesehatan. Jurnal Rekam Medik & Manajemen Informasi Kesehatan, 1(2), 94–103. https://doi.org/10.47134/rmik.v1i2.29

Yohana, V., Wijianto, B., & Arief, I. (2024). Molecular Docking Study of Epigallocatechin Gallate (Egcg) As a Therapy for Type 2 Diabetes Mellitus. Jurnal Kimia Riset, 9(1), 46–58. https://doi.org/10.20473/jkr.v9i1.56399

Published

2024-12-28